Pages

Wednesday, September 11, 2019

Procurement dan Purchasing

Banyak orang yang sering tertukar dalam menggunakan istilah Procurement dan Purchasing. Hal ini terjadi karena memang terdapat kesamaan antara Procurement dan Purchasing.

Namun demikian antara Procurement dan Purchasing tetaplah suatu hal yang berbeda. Oleh karena itu mari kita meluruskan perbedaan diantara keduanya.


A. Procurement

Procurement melibatkan banyak proses seperti perencanaan strategis,  penentuan kebutuhan, sistem persetujuan atas permintaan  suatu kebutuhan, pemilihan vendor, manajemen kontrak, pembelian barang atau jasa, proses penerimaan barang atau jasa dan pencatatan aset.

Procurement berkaitan dengan mengakuisisi (pengadaan) semua barang, jasa dan pekerjaan yang sangat penting untuk sebuah organisasi. Procurement pada dasarnya adalah  keseluruhan (general)  dari suatu proses pembelian itu sendiri.

Karena Procurement merupakan istilah umum yang mencakup beberapa fungsi bisnis inti. Oleh karena itu Procurement   harus dianggap sebagai bagian inti dari strategi perusahaan setiap organisasi.


B. Purchasing

Purchasing adalah salah satu bagian dari Procurement. Purchasing pada umumnya hanya mengacu pada pada pembelian barang dan atau jasa, penerimaan dan pembayaran  saja.


Sumber :
http://eprocurement.co.id/procurement-vs-purchasing/

No comments:

Post a Comment

Related Posts