Pages

Friday, December 11, 2020

Mengembangkan Operasi Sales & Operation Planning (S&OP)

3 Masalah dan Tips Tingkatkan Supply Chain Management Anda


Suatu bisnis khususnya bisnis yang bergerak di bidang logistik, supply chain management tentu memegang peranan penting dalam keberlangsungan bisnis yang dijalankannya. Dimana dengan manajemen yang baik, Anda dapat meningkatkan tingkat efisiensi, menekan ongkos, menaikan keuntungan bisnis Anda, dsb. 

Supply chain management adalah manajemen barang dan jasa yang mencakup semua proses pengolahan bahan baku menjadi barang akhir di sebuah perusahaan. Yang mana supply chain managementini pun telah menjadi suatu jaringan yang menghubungkan individu, organisasi, sumber daya, kegiatan, dan teknologi dalam pembuatan serta penjualan barang dan jasa. 

Masalah Supply Chain Management Adanya sebuah supply chain management kini telah membuat sebuah perusahaan lebih mudah dalam mengatur proses pengolahan produk. Namun sayangnya, di balik itu, ada beberapa masalah yang membuat supply chain management ini tidak dapat berjalan sesuai dengan kemauan kita. Lebih lanjut mengenai masalah-masalah yang terdapat disupply chain management. 

Berikut ini ragam masalahnya yang patut Anda ketahui: 

• Lemahnya Akuntabilitas 

Masalah pertama dalam supply chain management yakni lemahnya akuntabilitas. Sebagian pemilik perusahaan berpikir bahwa Chief Production Officer (CPO) bertanggung jawab atas gangguan supply chain. 

Umumnya urusan terkait gangguan supply chain tersebut tidak dapat ditangani oleh staf dari level operasional manapun termasuk pula yakni level pengadaan. Lemahnya akuntabilitas terkait siapa yang bertanggung jawab atas persoalan tersebut saat masalah yang timbul tidak seperti masalah yang terjadi sebelumnya menyebabkan kebingungan tentang siapa dan cara yang harus digunakan untuk memulihkan supply chain tersebut. 

Misalnya, baru-baru ini suatu perusahaan memutuskan hubungan kerja sama dengan mitra bisnisnya. Namun sayangnya, ketika sang mitra kerja mengetahui bahwa mereka telah kehilangan nilai sebesar 50 persen, maka mereka menyalahkan para supplier dan bukannya bertanggung jawab atas kesalahan yang telah terjadi 


• Tidak Mengembangkan Operasi Sales & Operation Planning (S&OP) 

Dalam sebuah perusahaan Sales & Operation Planning (S&OP) merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Masalah ini pun timbul di suatu perusahaan karena beragam kegagalan antara lain kegagalan untuk mengikuti struktur proses yang layak, kegagalan pemimpin senior untuk terlibat dalam S&OP, kurangnya pemberdayaan diantara peserta S&OP, kurangnya teknologi yang digunakan untuk mendukung proses. Namun, seragaman kegagalan tersebut masih dapat diatasi. 

Apa caranya? Caranya yakni dengan berinvestasi pada sumber daya manusia dan teknologi agar demi meningkatkan operasi bisnis utamanya dalam bidang logistik 


• Tidak Tersedianya Layanan Customer Services 

Kepuasan customer tentu menjadi hal yang diinginkan oleh setiap perusahaan demi menjaga kelangsungan bisnisnya. Masalah terakhir yang disebabkan oleh salah pengelolaan pada supply chain management yakni tidak tersedianya layanan customer services. Memang, apa saja dampak yang ditimbulkan oleh tidak adanya layanan ini? 

Customer Anda tak punya lini komplain jika tidak puas terhadap layanan Anda, manajemen perusahaan Anda tak memiliki panduan untuk bertindak, dan buruknya keputusan yang diambil dapat menyebabkan pembengkakan biaya. Lalu, apa manfaatnya jika layanan ini ada di perusahaan Anda? 

Jika kebijakan customer services ini dikembangkan dan didiskusikan bersama seluruh petinggi perusahaan, maka tim logistik Anda akan mampu bereaksi secara cepat dalam menyelesaikan keluhan customer Image By soltius.co.id Tips Tingkatkan Supply Chain Management Anda pun tentu ingin agar urusan supply chain management dapat berjalan lancar dengan minim gangguan di setiap aktivitas bisnis Anda. 

Guna terhindar dari beragam masalah yang terdapat pada supply chain management, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui saat Anda menerapkannya pada bisnis Anda. 


Tips-tips meningkatkan supply chain management yakni seperti berikut: 

• Otomasikan Order Anda 

Tips pertama untuk meningkatkan supply chain management di perusahaan Anda yakni berkaitan dengan tren teknologi terkini: otomasi. Pengotomasian kini telah menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan demi mencapai efisiensi dan efektifitas kerja. 

Lalu, bagaimana dengan otomasi di supply chain management? Otomasi pada urusan terkait supply chain management dapat Anda capai dengan mengunakan softwareERP. Dimana dengan menggunakan ERP macam Midsuit Anda dapat menempatkan order secara otomatis dengan vendor dan berguna untuk mengecek level inventory sedang turun dibawah level yang telah ditentukan. 

Dimana dengan ERP tersebut Anda dapat mengurangi keterlibatan pegawai Anda pada suatu operasi bisnis sehingga mereka pun dapat mengerjakan tugas-tugas lainnya 


• Tracking Inventory Anda 

Tips kedua untuk meningkatkan supply chain management Anda yaitu gunakanlah inventory tracking pada bisnis Anda. Kemudahan yang diberikan oleh inventory tracking dalam hal mengurutkan, menyortir, dan mengklasifikasikan produk berdasarkan indikator tertentu semisal dari tingkat lakunya produk tersebut, hal itu dapat dilakukan oleh inventory tracking ini. 

Lalu, bagaimana hubungannya dengan supply chain management? Lewat inventory tracking ini, Anda dapat mengetahui stok produk yang Anda punya hingga kondisinya. Guna memastikan bahwa supply chain management Anda dalam kondisi stabil, Anda dapat melakukan pengawasan terhadap apa yang dikerjakan oleh mitra bisnis Anda dan menjamin bahwa kerja sama berjalan efektif, dan lacak aset inventory Anda secara berkala 


• Tingkatkan Visibilitas Supply Chain Anda 

Memastikan produk sampai ke tangan customer dengan baik adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan suatu bisnis. Yang mana tips terakhir untuk meningkatkan supply chain management berhubungan dengan hal itu yakni visibilitas supply chain. 

Istilah visibilitas supply chainitu sendiri mengacu pada upaya yang dilakukan oleh perusahaan Anda untuk melacak setiap komponen produk Anda dari tangan supplier ke tangan kita sampai dalam kondisi baik. 

Untuk dapat mewujudkan visibilitas pada supply chain management Anda, Anda pun dapat melakukannya dengan mudah melalui pemberian izin akses kepada supplier untuk mengecek kondisi inventory Anda secara real-time berkat dukungan software ERP yang mampu mengotomasikan tugas Anda terkait urusan inventory tersebut. 

Apabila hal ini dapat Anda wujudkan di perusahaan Anda maka supplier pun juga dapat dengan mudah memberi masukan untuk inventory Anda guna meningkatkan supply chain management Anda. 


Sumber :

https://midsuit.com/2020/10/07/3-masalah-dan-tips-tingkatkan-supply-chain-management-anda/

No comments:

Post a Comment

Related Posts