Pages

Sunday, May 24, 2020

Supply Chain Management


Apa itu Supply Chain Management?

Rantai pasokan adalah serangkaian proses yang mengubah bahan mentah menjadi produk akhir. Manajemen rantai pasokan adalah proses di mana organisasi mencapai rantai pasokan yang efisien dan hemat biaya. Ini dapat didefinisikan sebagai manajemen aliran bahan, produk dan layanan. Ini adalah manajemen terpusat dari semua proses, orang dan organisasi yang terlibat dalam rantai pasokan.


Bagaimana ini membantu bisnis?

Manajemen rantai pasokan membantu keberhasilan keuangan organisasi dengan memasukkan semua kegiatan penting dan aspek keuangan. Seiring dengan penciptaan nilai bagi pelanggan mereka, organisasi dapat mencapai mekanisme pengiriman yang lebih baik dan produk yang hemat biaya.

Mengidentifikasi masalah sebelum terjadi membantu dalam manajemen risiko dan perkiraan yang lebih baik memungkinkan bisnis untuk memenuhi target yang meluas. Rekonsiliasi permintaan dan rencana pasokan membantu dalam perencanaan bisnis yang efektif.


Komponen manajemen rantai pasokan

Manajemen rantai pasokan dimulai dengan perencanaan produk dan berakhir dengan pengiriman yang sukses ke pelanggan, memungkinkan rute untuk pengembalian produk yang tidak diterima atau cacat. Komponen manajemen rantai pasokan adalah: Paket, Sumber, Buat, Kirim, Pengembalian.


Key dimensions

Manajemen Rantai Pasokan (SCM) telah banyak berubah sejak pertama kali diperkenalkan; ini memiliki beberapa dimensi internal dan eksternal. Dimensi internal mencakup proses internal yang terkait dengan rantai pasokan seperti desain produk, sumber, produksi, transportasi, penyimpanan, distribusi, ritel, dan keuangan. Dimensi internal dapat dikendalikan sampai batas tertentu.

Dimensi eksternal mencakup perubahan di mana perusahaan tidak memiliki banyak kendali. Dimensi ini mencakup perubahan tak terduga di lingkungan bisnis, aturan & regulasi, dan kendala cuaca, dll.


Manfaat manajemen rantai pasokan

Pengiriman produk / layanan yang tepat waktu dan lengkap
Limbah minimum dan peningkatan efisiensi
Pengurangan biaya: operasi, pergudangan, transportasi, dll.
Peningkatan layanan pelanggan
Manajemen persediaan yang lebih baik
Menjaga bisnis siap untuk perubahan di pasar
Identifikasi risiko dan peluang masa depan


Kesimpulan

SCM, jika dilakukan dengan benar, membantu menyesuaikan rantai pasokan untuk memberikan kinerja optimal. Ini membantu dalam mengelola rantai pasokan multi-segi dengan cara yang efisien.


Sumber :
https://blog.cedarmanagement.co.uk/supply-chain-management

No comments:

Post a Comment

Related Posts