Pages

Monday, June 12, 2023

Biaya Logistik RI Masih Tinggi

Sri Mulyani Sebut Biaya Logistik RI Masih Tinggi

Jumat, 09 Jun 2023 21:15 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan biaya logistik di Indonesia, khususnya di Sumatera, masih tinggi. Padahal pembangunan infrastruktur sudah cukup masif. Pemerintah telah mengucurkan banyak dana untuk membangun infrastruktur. Selain itu, Sri Mulyani mengatakan Indonesia juga perlu memperbaiki indeks kinerja logistik atau logistic performance index yang masih kalah saing dari negara ASEAN.

"Kita lihat Sumatera biaya logistiknya masih 20 persen dibandingkan dengan Jawa dan Jakarta yang hanya 12 persen. Ini menggambarkan PR kita memang sangat tinggi dan masih sangat besar," katanya dalam The New SINSW dan Agenda Diskusi: Let's Talk About INSW, Jumat (9/6).

"Kita juga perlu memperbaiki logistik indeks performance dan cost of logistic yang masih kalah kompetitif di ASEAN dan negara emerging yang lain," lanjutnya.

Sebab itu, pemerintah terus berupaya memperbaiki sinergi antar kementerian dan lembaga dalam menyederhanakan pelayanan karena indeks kinerja logistik tergantung dari banyak sekali kementerian dan lembaga yang masing-masing memiliki persyaratan maupun proses yang menimbulkan beban bagi dunia usaha.

Kementerian dan lembaga berupaya menyamakan visi dan memperbaiki regulasi. Kemudian membuat sistem yang akhirnya menjadi Indonesia National Single Window (INSW). Namun proses INSW tidak berjalan mudah.

"INSW mencoba memperbaiki sistem ini dan kerjasama dengan kementerian lembaga agar the system truly single window," katanya.


Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230609171122-532-959912/sri-mulyani-sebut-biaya-logistik-ri-masih-tinggi

No comments:

Post a Comment

Related Posts